Senin, 30 Desember 2019

Pengalaman datang ke Indonesia Scholarship Festival 2019 (ISF2019)

Nah di penghujung tahun 2019 ini TS merencanakan akan membagikan pengalaman - pengalaman yang TS alami selama setahun ini. Salah satunya adalah pengalaman TS menghadiri Indonesia Scholarship Festival yang diadakan 8 Februari 2019 silam. Berikut adalah pamflet dan promo brosur dari acara tersebut :
Seperti yang teman - teman bisa lihat acara ini juga menghadirkan orang - orang yang TS tidak kenal wkwk. Bercanda, itu orang - orang terkenal kok teman - teman pasti tahu, TSnya aja yang gak tau wkwk.

Nah, yang menarik dari acara indonesia scholarship festival ini adalah gratis untuk semua program tidak dipungut biaya dan tidak dipotong pajak wkwk. 
untuk cari info kapan isf akan diadakan lagi, temen2 bisa cek infonya di sini:

atau search digoogle aja ya hehe
Jadi, untuk mengikuti acara ini dulu saya harus mendaftar lewat eventbrite terlebih dahulu dengan membuat akun eventbrite setelah itu klik pesan tiket acara ini. Pemesanan tiket ISF2019 di eventbrite ini gratis. Setelah memesan, akan dikirimkan tiket online melalui email yang kita daftarkan tadi.
Nah beberapa hari kemudian h-0 acaranya TS langsung berangkat menuju Airlangga Convention Centre di Universitas Airlangga. TS pun nyasar yang seharusnya ke Unair kampus C malah ke kampus B wkwk. Untung ada satpam yang kasi tau kalau kampus C ada di daerah dekat galaxy mall (lupa nama jalannya-_-). Sesampainya disana TS langsung keliling2 mencari gedung Airlangga Convention Hallnya yang mana. Dan akhirnya ketemu juga. TS masuk dan ternyata bisa langsung masuk dengan nulis buku tamu dulu tanpa tiket eventbrite-_-. Oke TS masuk kedalam dan acaranya ramai banget. Acaranya sudah dari pagi dan TS baru sampai sore. Kayaknya TS banyak ketinggalan materi dari bintang tamunya yang diposter diatas.

Jadi acara ISF ini terdiri dari panggung, kursi penonton,ruang tes, dan booth (kayak expo2). Di depan panggung ada kursi penonton yang waktu TS kesana sudah terisi penuh karena sudah jam 2. Selain dari kursi penonton juga bisa nonton sambil berdiri atau di lantai atas, pokoknya acara ini di setting bebas bisa jalan - jalan, duduk, nonton, tanya2 di boothnya, ikut tes gratis (yg ini terbatas) ya kayak jobfair gitu.

Di tempat booth ada 4 jenis kategori booth.
1. Booth Universitas Dalam Negeri
yang pertama adalah boothnya sekolah atau kampus dalam negeri. Yang TS ingat waktu itu ada boothnya ITS, IPB,




2. Booth Universitas Luar Negeri
Yang kedua adalah booth universitas luar negeri/internasional.
Universitas internasioal ini dari bermacam - macam negara. Ada jepang, australia, jerman. Yang dari jepang waktu itu cuma 1 yaitu waseda university. Sedangkan universitas terbanyak yaitu berasal dari australia.
Nah di booth ini ada perwakilan orang dari luar negeri yang bisa kita tanya2i pakai bahasa inggris. Dan beberapa booth ada perwakilan orang dari indonesianya juga. Jadi, kalau bahasa inggris masih belepotan bisa tanya dengan bahasa indonesia kalau di booth tersebut ada orang indonesianya. Pokoknya selalu berani untuk bertanya2 supaya dapat info
3. Booth Beasiswa
Di booth ini menawarkan bemacam - macam beasiswa kuliah di dalam/luar negeri dari jenjang S1, S2, dan S3. Disini juga kita bisa download kalender jadwal yang disediakan oleh beasiswa tersebut yang linknya cuma ada di booth tersebut. Selain itu kita juga bisa daftar semacam komunitas pencari beasiswa dimana dalam komunitas tersebut terdapat alumni beasiswa, pendapat beasiswa, dan pencari beasiswa. Selain komunitas, pada booth lain ada yg menawarkan grup WA dan sosial media lainnya. Booth beasiswanya ada LPDP, BAPPENAS, dll
4.  Booth Lembaga Bimbingan Belajar (Les2an)
Booth ini adalah LBB yang bisa mengsupport untuk melenjutkan pendidikan dan/atau mendapatkan beasiswa. Kebanyakan LBB Bahasa Inggris, TOEFL, IELTS.


Sekian informasi tentang pengalaman saya di Indonesia Scholarship Festival (ICE) 2018. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk teman2 khususnya yang sedang ingin melanjutkan kuliah dan/atau. mencari beasiswa dan juga yang ingin menghadiri Indonesia Scholarship Festival selanjutnya. Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo komentar gan..

Pengalaman Seminar Proposal Tugas Akhir

Oke teman - teman kali ini saya akan mengshare pengalaman seminar proposal tugas akhir saya  yang barusan dilaksanakan beberapa minggu yang ...