Minggu, 01 Maret 2020

Toko Robotika dan Elektronika di Surabaya

Oke gan. Buat teman - teman penyuka robotika dan elektronika yang sedang ada di surabaya, atau mahasiswa perantauan di perguruan tinggi di surabaya, kali ini saya akan beri tahu info tempat - tempat yang recommended buat mendapatkan barang - barang keperluan robtika dan elektronika teman - teman. Untuk peta teman - teman search sendiri pakai google map ya. Tinggal search nama toko dibawah ini pasti ketemu.

1. Akhishop
Oleh : m zuhaer di Google Map : Akhi Shop Electronics

Oke yang pertama adalah Akhishop yang terletak dekat dengan salah satu institut teknologi ternama di surabaya (pasti sudah pada tahu wkwk). Akhishop tempatnya seperti rumah dan berada dipinggir jalan yang saling berdekatan dengan rumah lainnya. Saya dulu sempat kesasar waktu mencari toko ini, karena bayangan saya tokonya seperti toko yang berupa ruko pada umumnya. Disini tempatnya cukup lengkap, mikrokontroler ada, IC ada, kabel ada, motor ada, sensor ada. Namun jika teman - teman mencari komponen kecil yang agak langka seperti resistor 2 M , atau kapasitor induktor yang nilainya langka, biasanya tidak tersedia atau out of stock (saya sarankan ke isee/ pasar gentengsaja). Salah satu keunggulan dari toko ini adalah juga menyediakan jasa potong, desain, dan cetak akrilik.
Oleh : Alan K di Google Map : Akhi Shop Electronics

Toko ini punya 3 jadwal istirahat, yang di tempel di depan pagarnya dan di google mapnya (bisa cek sendiri). Yang saya suka dari toko ini adalah, toko ini punya macam - macam jenis baterai dan chargernya, bahkan juga menjual plastik pengaman baterai, recommended buat yang punya proyek seperti UAV,  line follower, pemadam api, dll. Toko ini juga punya toko onlinenya gan  di tokopedia, dll, bisa teman - teman cek. Teman - teman bisa cek barang apa saja yang tersedia di toko online terebut tinggal di search nama tokonya (ini saya ambil contoh dari tokopedia): https://www.tokopedia.com/akhishop

2. Isee
Oleh : M Alhamid di Google Map : iSee Robot

Toko ini berlokasi seperti akhisop, yaitu dekat dengan salah satu institut teknologi ternama di surabaya. Bedanya kalau toko isee berada didaerah depan gerbangnya. Tempat dari isee atau iSee Robot ini berupa ruko yang berdampingan dengan daerah kos - kosan mahasiswa. Tempatnya gampang banget dicari, karena ada spanduk besar bertuliskan isee. Dan juga barang - barangnya langsung dipajang didepan tokonya. Toko ini sangat lengkap dan menurut saya lebih lengkap dibandingkan dengan akhishop (kecuali baterai dan charger). Disini ada berbagai macam jenis motor stepper yang sepertinya bekas copotan printer, mulai dari yang murah sampai yang mahal (sesuai kualitasnya). Keunggulan dari toko ini adalah, toko ini juga menjual bermacam - macam komponen kecil seperti  resistor, kapasitor, induktor yang menurut saya lebih lengkap. Harga barang dari toko juga cukup murah. Toko ini juga bisa di cek katalognya di toko - toko online seperti contohnya di tokopedia :https://www.tokopedia.com/isee


3. Digiware
Oleh : DigiWare Surabaya di Google Map : DigiWare Surabaya

Toko ini berlokasi di dekat kebun bibit 1. Toko ini masuk ke dalam ruko, sehingga biasanya ditarik tiket parkir, kalau ingin tidak kena uang parkir bisa parkir diluar dengan resiko tidak dijaga oleh tukang parkir. Digiware menjual keperluan robotika berkualitas. Di toko digiware menjual banyak komponen robotika untuk proyek besar. Recommended jika teman - teman mencari komponen yang sudah pasti terjamin. Saya dulu membeli modul ATMega 8535 sekitar tahun 2015 dan sampai sekarang tetap berfungsi dengan baik dan optimal. Saya juga pernah membeli modul lcd, solderannya sering saya copot pasang lagi, dan sampai sekarang masih berfungsi dengan baik. Meskipun dari segi harga memang diatas toko lainnya, namun barang di toko digiware ini memiliki kualitas yang sangat baik dan terjamin. Bisa dibilang harganya sesuai dengan kualitasnya. Waktu saya kesana dulu dapet promo parkir gratis kalau pembelian diatas 50.000. Pelayanannya ramah dan bertanggung jawab, kalau ada promo kita langsung di kasi tau. Teman - teman bisa melihat katalog toko ini secara online disini :
https://digiwarestore.com/id/

4. Delta Electronic

Ada 2 toko delta elektronik yaitu yang di daerah ngagel jaya selatan dan di daerah klampis sukolilo. Karena yang saya tau cuma yang didaerah sukolilo, jadinya ini adalah review untuk yang di sukolilo. Tempat dari toko ini juga berbentuk ruko yang sudah pasti parkirnya bayar. Jika tidak ingin bayar parkir teman - teman bisa parkir di luar dengan resiko kendaraan teman - teman tidak dijaga. Di dalam toko ada tulisannya delta electronic sehingga gampang menemukannya, satpam juga bisa kasi tau kita tempatnya. Kalau yang jaga sedang tidak ada di toko atau tokonya terkunci bisa tekan tombol bel rumah, nanti penjaga tokonya datang soalnya kadang waktu jam istirahat penjaganya sedang di lantai atas. Komponen - komponen kecil di toko ini bisa berharga murah gan/sis, resistor di sini bisa seharga rp100. Oleh karena itu kadang komponen kecil tersebut langsung dijual paket beberapa biji. Contoh : resistor 10 biji = rp1000. Yang saya suka dari toko ini adalah : menjual komponen - komponen langka dengan harga terjangkau, contohnya komponen langka yang pernah saya beli adalah led ultrabright warna merah dengan tingkat kecerahan paling tinggi dinatara led yang pernah saya beli. Contoh komponen langka lainnya adalah, Lilitan Transformator yang bervariasi ada yang 200mA - 10A, 5V - 24V, dll. Teman - teman bisa melihat - lihat barang yang tersedia dan dijual di toko delta electronic ini disini :
http://delta-electronic.com/shop/index.php

5. Pasar Genteng
Oleh : Rizky N di Google Map : Ps. Genteng Baru Surabaya

Mencari tempat yang lebih gampang ketemu, luas, bervariasi, dan lengkap sebaiknya ke Pasar Genteng saja disini barang dan komponen elektronik apa saja ada. Pasar Genteng sudah ada dan terkenal dari dulu sebagai pusat komponen dan barang elektronik. Pasar Genteng bukan toko, melainkan Pasar yang di dalamnya ada banyak tokonya. Disini teman - teman bisa mencari toko yang sesuai dengan kebutuhan dan yang ingin dibeli teman - teman. Seperti pasar pada umumnya, harga di setiap toko bisa bervariasi, jadi jika teman - teman ingin mendapat harga yang murah bisa menawar harga atau mencari toko dengan harga lebih murah. Di jalan depan Pasar Genteng ini satu arah, jika teman - teman datang dari selatan pasar gentang (yang ada kali/sunginya), bisa lewat jalan kecil yang tembus ke belakang pasar genteng setelah itu belok kiri maka teman - teman akan sampai di parkiran motornya. Untuk parkiran mobil biasanya full, hati - hati jika memparkir mobil sembarangan di pasar ini, karena banyak razia parkir mobil dengan cara digembok. Jika ingin parkir mobil tanya ke tukang parkir terlebih dahulu untuk parkir yang aman dimana dan di kunci setir atau tidak. Untuk ke Pasar Genteng ini saya lebih menyarankan menggunakan motor.

Sekian info saya tentang Toko Robotika dan Elektronika di Surabaya. Semua info dan review yang saya jelaskan adalah pengalaman dari saya sendiri. Gambar bukan miliki saya tetapi milik yang saya sebutkan di caption/bawah gambar
Jika ada tambahan atau saran bisa tulis di kolom komentar. Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo komentar gan..

Pengalaman Seminar Proposal Tugas Akhir

Oke teman - teman kali ini saya akan mengshare pengalaman seminar proposal tugas akhir saya  yang barusan dilaksanakan beberapa minggu yang ...