Kamis, 19 Maret 2020

Pengalaman Danamon Bankers Trainee 2019

Oke teman - teman, kali ini saya akan mengshare salah satu pengalaman saya dalam mencari kerja yaitu pengalaman mengikuti danamon bankers trainee pada tahun 2018/2019 lalu. Jadi pada danamon bankers trainee ini dibagi menjadi 5 sesi. Tahap 1 adalah seleksi Administrasi. Tahap kedua adalah tes pengetahuan dan kepribadian seperti tes - tes pada umumnya. Tahap ketiga adalah test focus group discussion. Tahap keempat sampai selesai adalah Persentasi, wawancara, medical checkup,dll. Disini saya lebih fokus menjelaskan sampai tahap ketiga saja karena tes saya cuma sampai tahap tiga saja.

1. Tahap Pertama Administrasi
Disini seperti biasanya yaitu kita disuruh mengirimkan data administrasi seperti data diri, sertifikat toefl, dll. Kalau tidak salah DBT milik danamon dulu punya syarat nilai TOEFL >500 dan IPK >3,20. Disini saya persiapkan data - data untuk mendaftar seperti biasanya.

2. Tahap Kedua -Tes Kemampuan Diri (Online)
Tes ini dilakukan secara online, jadi bisa dikerjakan dari mana saja dengan syarat sesuai dengan peraturan tesnya. Usahakan buat temen2 perangkat, browser, sama jaringan internetnya sama setiap kali mengerjakan tes online ini. Kalau tidak salah disini ada tes semacam logika matematika, gambar, dll. Sama ada tes kepribadian kayak tes cari kerja pada umumnya, yang ada dua pilihan dan dipilih salah satu yang mencerminkan diri anda. Dulu saya tesnya diluar tepatnya di wifi corner yang ternyata wifi cornernya ramai dipenuhi anak - anak bermain game dan orang tua yang sedang ketawa2 sendiri. Di tengah keramaian pun saya terdiam mengerjakan tes ini. Soal - soalnya bervariasi ada yang mudah, ada yang sedang, ada yang susah. Kalau ketemu soal susah langsung diskip saja supaya tidak membuang waktu, karena waktunya tidak banyak. Disini saya juga tidak bisa mengerjakan semua soal dan saua beruntung karena saya bisa masuk ke tahap 3. Kerjakan tes semampunya dan dikerjakan dengan jujur. Dan yang paling penting jangan lupa berdoa.

3. Tahap Ketiga - Focus Group Discussion
Tahap ketiga adalah focus group discussion yang dilaksanakan di jakarta. Jumlah dari yang lolos ke focus group discussion ini tidak terlalu banyak karena sebagian sudah di seleksi di tahap kedua. Kalau menurut saya jumlahnya kurang lebih 50 an. Di tes ini pertama kita dikasi informasi dan pengetahuan oleh pemateri dari danamon tentang danamon dan test DBT ini. Waktu itu info yang paling saya ingat adalah adanay Danamon Run acara lari untuk seluruh pegawai danamon, dan Test DBT setelah tahap ketiga ini masih ada tahap lagi seingat saya tahap persentasi, wawancara, dan kesehatan.
Setelah mendapat pengetahuan dan informasi tentang danamon ada ice breaking yaitu berupa permainan games. Peserta Tes danamon waktu saya tes ini  ramah - ramah gan, banyak yang mengenalkan diri duluan. Dan waktu tes ini diminta berpasangan cewek cowok, dan cewek di sebelah kiri dan kanan saya sudah dapat pasangan duluan, akhirnya saya dan peserta yang belum dapat pasangan di carikan pasangan cowok cewek oleh pematerinya. Disini saya berpasangan dengan cewek supel dan seru, terlebih lagi lawakan saya nyambung wkwk.
Oke gan setelah ice breaking ini kita dibagikan kelompok A1-5 dan B1-5 yang A masuk kedalam ruangan duluan dan B masuk ke dalam ruangan setelah A. Setelah itu saya mencari orang - orang yang termasuk ke dalam kelompok saya karena masuk yang A setelah istirahat sekitar 15 menit untuk berkenalan dan mencari teman 1 tim kita, yang masuk tim A disuruh masuk duluan. Oke setelah itu kita disuruh duduk melingkar dengan 1 tim kita beranggotakan 6 orang. Sebelum mulai kita disuruh memperkenalkan diri dulu, karena sebelum FGDnya mulai saya baru kenal dengan 1 orang saja waktu di luar kelas sebelum masuk. Jadi di dalam kelompok saya ada yang namanya A, Y, N, C, E, dan saya sendiri (sebenarnya nama2nya lupa wkwk). FGDnya danamon waktu ini memakai bahasa inggris, jadi kalau teman - teman sedang akan mengikuti tes sebaiknya cari tahu dulu apakah FGDnya menggunakan bahasa inggris atau tidak. Setelah perkenalan kita diberi contoh kasus yang ditulis dalam bahasa ingrris di kertas hvs yang disana ada 1. cerita permasalahannya, 2. soal - soal yang harus dijawab oleh masing2 individu berdasarkan diskusi. Setelah itu kita diberi waktu kalau tidak salah 15 menit untuk memahami cerita permasalahan dan soal2 tersebut. Jadi lucunya waktu kita diminta mulai, teman2 saling tunjuk untuk mulai duluan wkwk. Mungkin sungkan karena baru kenal dengan teman sekelompoknya. Karena tidak ada yang berani memulai, maka saya memberanikan diri untuk memulai lebih dulu sebagai initiator, meskipun kalimat saya agak ya begitulah wkwk. Teman satu kelompok saya yang bernama A bahasa inggrisnya lancar banget dan ternyata A adalah lulusan dari kampus luar negeri, N lebih aktif dibandingkan yang lain dalam berbicara, Y agak malu - malu tapi dia cepet paham, C pendiem tapi kalau diberi pertannyaan dia mampu menjelaskan dengan baik, E agak sok cool wkwk tapi dia yang pemahaman, skill berbicara, dan bahasa inggrisnya paling balance. Kalau saya wkwk, saya yang bagian mancing temen2 untuk berani berpendapat wkwk. Ingat teman2 dalam tes FGD berpendapat apa adanya lebih baik dari pada tidak berpendapat sama sekali
Oke singkat cerita diakhir diskusi kita disuruh menjawab seluruh pertanyaan yang ada pada hvs tersebut terkait solusi dari permasalahan hasil diskusi FGD ini. Dan yang terakhir kita diminta untuk menulis siapa peserta tim satu kelompok, 2 orang dalam FGD ini yang menurut kita paling baik. Dan kalau tidak salah saya menulis A dan N. Karena A yang memang dari skill diskusinya paling baik dan N saya salut karena paling berani (setelah saya wkwk). Setelah itu kita diminta keluar dan menunggu untuk yang giliran Tim B masuk. Sambil menunggu saya ngobrol2 dengan peserta tes yang lain. Salah satunya saya mengobrol dengan E, E adalah alumni dari USU. Obrolannya jadi membahas suku wkwk. Ada lagi saya lupa namanya dan universitasnya. Pesertanya memang dari macam2 universitas baik negeri maupun swasta ada yang dari Michigan, UPH, dll. Setelah Tim B selesai melakukan FGD tiba saatnya pengumuman yang lolos untuk ke tahap 4, yang lolos ke tahap 4 cuma 16 orang dan nama saya belum ada disana. Kita saling menanyakan peserta yang lain lolos atau tidak. Teman satu tim saya yang lolos adalah A dan C. Yang lolos akan mengikuti persentasi dan wawan cara setelah tahap ini. Oke karena pengumumannya sudah keluar,ya saya pulang wkwk. Sebelum pulang saya memberikan salam dan selamat kepada A dan C, A dan C juga kasi salam balik dan terimakasih. Dari segi attitude A dan C menurut saya layak lanjut ke tahap selanjutnya. Sepertinya tes kepribadian di tahap 2 memang bener2 diseleksi dengan baik.

4. Tahap Keempat sampai Akhir - Wawancara, Persentasi, dll
Di tahap ini saya gak bisa menjelaskan, tapi intinya berdasarkan persentasi dari pemateri setelah lolos tahap tiga akan ada wawancara, persentasi, medical checkup, dll

Oke teman - teman sampai disini dulu yang bisa saya jelaskan dari pengalaman saya mengikuti tes danamon 2019 yang lalu. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo komentar gan..

Pengalaman Seminar Proposal Tugas Akhir

Oke teman - teman kali ini saya akan mengshare pengalaman seminar proposal tugas akhir saya  yang barusan dilaksanakan beberapa minggu yang ...