Sabtu, 14 Maret 2020

Belajar Mikrokontroler ATMega 8535/32/16 (Starter Kit + Tutorial)

Oke kali ini kita akan belajar mikrokontroler ATMega 8535/32/16. Mikrokontroler ini mungkin sudah jarang digunakan untuk teman - teman yang kuliah sarjana, tapi mungkin sering dipakai oleh teman - teman sarjana terapan D4, dan D3, dan juga SMK hehe.
Jadi waktu TS Pertama masuk kuliah, mikrokontroler ini sering digunakan baik untuk hobby, tugas kuliah, lomba, skripsi, thesis. Namun semenjak awak tahun 2014 - 2015 tren menggunakan arduino sebagai firmware yang menggunakan atmega8, atmega328 mulai meningkat karena dari sisi kemudahan dan library arduino memang lebih baik. Namun arduino biasanya sudah terbeli dengan boardnya sendiri, sedangkan atmega 8535, 32, dan 16 teman - teman bisa membuat dan mengatur boardnya sendiri seperti apa sesuka hati. Dan juga atmega baik 1 chip atau yang sudah di dalam module standarnya harganya lebih murah.

Barang - barang dan starter kit yang sebaiknya teman - teman punya untuk memulai belajar mikrokontroler tipe ATMega 8535/32/16 adalah :

Wajib :
1. Mikrokontroler Tipe ATMega 8535/32/16 (dalam modul)
Ini adalah yang kita pelajari di topik ini. Saya sarankan yang sudah berbentuk modul supaya mempermudah pembelajaran (di toko online bisa cari yang murah) dan connector untuk ISP Programmernya juga sudah langsung terpasang. Tapi kalau cuma mikrokontrolernya saja, sebaiknya teman - teman rangkai komponen untuk memprogram seperti gambar dibawah ini. Langsung rangkai di breadboard aja biar cepet. Jangan lupa beli connector CON 10 untuk disambungkan ke kabel ISP Programmernya.
Sumber : https://www.avrfreaks.net/forum/atmega8535-basic-circuit-and-programmer

2. Breadboard
Ini tempat dimana kita belajar dan merangkai komponen. Pastikan teman - teman sudah tahu cara merangkai komponen di breadboard. Bagi yang belum bisa lihat gambar dibawah ini atau bisa search tutorialnya
Sumber : https://www.sciencebuddies.org/science-fair-projects/references/how-to-use-a-breadboard

3. Software Codevision AVR
Sebenanya banyak software compiler untuk mikrokontroler ATMega seperti BASCOM AVR,dll. Tapi disini saya sarankan pakai codevision AVR saja karena menggunakan bahasa C yang lebih mudah dibandingkan bahasa ASSEMBLER. Teman - teman bisa dapatkan software codevision avr disini :
 https://codevisionavr.software.informer.com/

4. Resistor
Resistor disini yang saya sarankan adalah resistor 1/4 watt karena untuk belajar kita belum sampai menggunakan sumber berdaya besar dan 1/4 watt ukurannya lebih kecil (lebih hemat tempat wkwk). Yang wajib teman - teman punya sebaiknya : 220 Ohm, 330 Ohm, 1k, 10k. Resistor ini nanti banyak teman - teman butuhkan dalam merangkai LED,

5. LED
Komponen wajib multifungsi bisa sebagai lampu indikator, test tegangan, dll. Warna dan ukuran apa saja terserah teman - teman, sesuaikan dengan kebutuhan.

6. Buzzer
Sama seperti LED fungsinya bisa sebagai indikator namun berupa suara.

7. Multimeter
Berfungsi sebagai pengukuran parameter elektronika multifungsi tegangan, resistansi, dan juga bisa untuk cek sambungan. Selain punya sebaiknya teman - teman juga mempelajari cara menggunakannya untuk fungsi macam - macam. Multimeter ada yang dijual murah sekitar 15.000 an bisa cari di toko elektronika dan di toko online.

8. Push Button, Switch dan Keypad
Berfungsi untuk masukan ke mikrokontroler berupa tombol / yang bisa kita tekan sendiri.

9. Sensor
Berfungsi sebagai masukan dari mikrokontroler yang nilainya mengikuti parameter yang diukur baik berupa analog ataupun digital. Sensor apa saja terserah teman - teman. Untuk pemula bisa pakai sensor LDR, IR, PYR, UVTron (api), MQ2(Sensor asap), Ultrasound.

10. Aktuator dan Motor
Untuk belajar sebaiknya teman - teman sudah punya 3 jenis motor yaitu motor DC, motor servo, dan motor stepper. Kalau sudah bisa pakai 3 jenis motor, teman - teman bisa lanjut belajar akuator lainnya seperti pompa air mini.

11. Display
Untuk display sebaiknya teman - teman mempelajari Seven Segment, matrix dot LED, dan LCD. Kalau sudah jago bisa belajar pakai OLED, layar n*kia, dll.

12. Kabel Jumper
Salah satu komponen yang penting, yaitu untuk menyambungkan antar komponen pada breadboard.

Tambahan :
Untuk komponen tidak wajib untuk pemula, tapi untuk kasus tertentu kalau mau pakai tidak apa - apa
1. Kapasitor
Kapasitor bisa teman - teman pakai untuk kasus seperti memperhalus switch anda atau debouncing.
2. Dioda
Kalau nanti teman - teman mau coba - coba bikin rangkaian yang hanya searah saja.
3. Relay
Kalau teman - teman memerlukan perangkat dengan sumber tegangan tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo komentar gan..

Pengalaman Seminar Proposal Tugas Akhir

Oke teman - teman kali ini saya akan mengshare pengalaman seminar proposal tugas akhir saya  yang barusan dilaksanakan beberapa minggu yang ...