Selasa, 19 Februari 2019

[Artikel] Pengantar Fisika

     

Sumber : https://pics.me.me/e-mc-energi-makanan-x-camilan-camilan-gambar-lucu-e-mc2-1356290.png


       Baiklah sudah lama tidak update. Materi satu ini adalah salah satu dari 4 sains yang sudah dibicarakan sebelumnya yaitu Fisika. Perlu diketahui bahwa menurut survey orang - orang, pelajaran Fisika merupakan mata pelajaran utama yang paling banyak tidak di sukai siswa dan siswi SMP - SMA di indonesia. Namun fisika selalu menjadi penentu kelulusan ujian nasional ataupun SBMPTN dan juga menjadi mata kuliah dasar di bangku kuliah khususnya teknik. Maka jika kalian adalah orang yang suka fisika, berbanggalah karena banyak orang - orang di luar sana yang tidak seperti kalian. Tetapi jika teman - teman adalah orang yang tidak suka fisika yang sudah belajar dengan menggunakan energi = mc2 tetapi ilmu tetap tidak sampai ke otak. Tidak usah berputus asa, selama teman - teman ada kemauan belajar pasti ada usaha salah satunya mencari ilmu di internet khususnya di blog ini hehe.
        Mungkin banyak yang bertanya - tanya, Pak? ini pelajaran fisika buat apa ya? fungsinya di kehidupan apa ya? manfaatnya buat nusa dan bangsa apa ya? Ya begitulah pertanyaan  yang sering dilontarkan masyarakat, bahkan segelintir orang bilang kalau pelajaran ini tidak bermanfaat dan mendoktrin teman -temannya yang menyebabkan terjadinya fenomena malas belajar. Karena yang mereka anggap bermanfaat adalah yang hasilnya kelihatan jelas seperti menghasilkan uang misalnya. Jadi untuk teman - teman yang tidak paham fisika namun mau berusaha untuk belajar. Mulai saat ini cari tahu manfaat apa saja yang bisa anda dapat dari fisika. Temukan motivasi kenapa saya harus belajar fisika. Tentu saja juga akan dijelaskan di blog ini.
https://3c1703fe8d.site.internapcdn.net/newman/csz/news/800/2017/2-whyitsimport.jpg

        Daripada nunggu lama di postingan selanjutnya, ini saya kasi tau manfaat belajar fisika adalah :
1. Jago fisika berarti setiap ujian atau tes tidak perlu panik dan repot cari contekan ataupun krepekan, karena ini merupakan skill andalan kalian.
2. Anak yang pintar fisika punya banyak teman. Gak percaya? Coba perhatikan diri anda kalau gak bisa jawab PR soal fisika atau soal fisika dari guru siapakah yang anda cari. Tentu saja teman sekelas yang pintar fisika. Apa lagi kalau lingkungan anda adalah kelas baru baik disekolah atau tempat les. Bisa jadi sarana buat cepat akrab dengan teman baru hehe
3. Bisa jadi sarana buat cari kerja sampingan sebagai guru les. Kalau sedang kuliah buat nambah penghasilan bisa cari lowongan guru les privat kalau bisa fisika, karena termasuk mata pelajaran wajib sekolah.
       Baiklah jadi seperti itu manfaatnya. Loh? Kok cuma segitu pak? Jadi manfaatnya buat kehidupan apa?. Oke oke sabar sebentar lagi akan saya jawab dibawah ini :

1. Tentu saja bermanfaat untuk kehidupan, karena kehidupan bekerja dengan hukum fisika.
2. Anda berencana mencari kuliah teknik? Penerapan ilmu fisika akan dipakai dari jaman maba sampai ngerjakan skripsi.
3. Anda berencana mencari perusahaan di bidang teknologi? Fisika tidak menjadi syarat, namun penerpan ilmunya akan dipakai di perusahaan anda nanti.
4. Bagaimana kalau saya kasi tau, kalau semua yang anda lakukan sebenarnya bekerja dengan hukum fisika sama seperti ketika anda melihat blog ini. Anda bisa internetan karena teknologi yang berdasarkan fisika. Anda bisa naik motor karena fisika. Anda bisa masak karena fisika. Anda bisa diem ditempat gk ngapa - ngapainpun juga karena fisika
5. Ilmu Fisika bisa digunakan untuk melakukan prediksi, dan analisa.

      Pak itu saya ngerti, tapi yang statemen nomor 1 maksutnya gimana? <--- Kalau anda bertanya seperti ini, saya balik tanya fenomena apa disekitar anda yang tidak ada kaitannya dengan fisika?
Bisa anda jawab di kolom komentar

Baiklah sampai materinya sampai disini dulu, bersambung di part selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo komentar gan..

Pengalaman Seminar Proposal Tugas Akhir

Oke teman - teman kali ini saya akan mengshare pengalaman seminar proposal tugas akhir saya  yang barusan dilaksanakan beberapa minggu yang ...