Kamis, 28 Februari 2019

[Kom] Cara Mudah Membuka Chasing Adaptor Laptop

Pada kesempatan saya kali ini, saya akan menjelaskan cara membuka chasing adaptor laptop. Teman - teman yang belum tau cara membukanya mungkin bingung, karena chasing laptop tidak ada bautnya. Kalau teman - teman cermati dibagian tengah sisi samping adaptor laptop terdapat suatu celah, jadi sebenarnya chasing adaptor laptop dapat dibuka. Kedua celah chasing sebenarnya disambung dengan tanpa baut, melainkan bahan seperti lem yang kuat. Oleh karena itu cara membukanya sama seperti membuka sesuatu yang di lem dengan kuat. Saya juga awalnya bingung, kalau kata orang - orang pakai minyak kayu putih (sdh dicoba gk berhasil, kyknya ini cuma gosip wkwk). Pada awalnya saya coba mencongkel - congkel celahnya dengan obeng dan diberi minyak kayu putih dan hasilnya chasing adaptor saya beset dan beraroma minyak kayu putih😂Ada beberapa cara dalam membuka chasing laptop, saya bedakan menjadi 2, yaitu cara fisik dan cara kimia. Tapi disini yang saya sarankan adalah cara kimia. Oke, langsung saja.

Cara Fisik :
Perhatian! Cara fisik dilakukan dengan memberikan kerusakan pada chasingnya
Sumber : https://www.tokopedia.com/tokoadaptor/charger-laptop-asus-a46c-a450c-k53s-k43-x401u-k42f-a44h-dll (diedit)

Perhatikan celah dua bagian di gambar diatas (lingkaran merah, panah biru), gergaji bagian tersebut dengan gergaji besi kalau ada atau alat apapun yang bisa buat motong.

Cara ini tidak disarankan apalagi untuk tukang servis karena merusak chasingnya dan memakan waktu lama.

Cara Kimia :
Sumber : https://www.tokopedia.com/laptopsprpart/adaptor-charger-laptop-original-asus-x45-x45a-x45u-x45vd-x45c-19v-342 (diedit)

Baik, pertama siapkan : bensin, sedotan
Ambil bensin  dengan dicolek dengan sedotan kemudian oleskan kesemua celah chasing seperti gambar diatas dan meresap kedalam celahnya. Oleskan sampai semua celah chasing kena bensin dan meresap. Kemudian tunggu sampai 30 menit. Biasanya chasingnya sudah mulai tidak nempel, bisa dibantu dengan dicongkel dengan benda yang tidak tajam supaya tidak beset.

Jangan lupa setelah chasing dibuka kalau sudah selesai ditutup lagi. Ditutupnya bisa pakai lem yang untuk plastik.

Oke, sekian ilmu membuka chasing laptopnya kali ini. Kalau ada pertanyaan bisa ditulis di kolom komentar. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo komentar gan..

Pengalaman Seminar Proposal Tugas Akhir

Oke teman - teman kali ini saya akan mengshare pengalaman seminar proposal tugas akhir saya  yang barusan dilaksanakan beberapa minggu yang ...